Sistem Ekonomi Indonesia

Sistem ekonomi di dunia ini terbagi atas tiga yaitu sistem ekonomi kapitalis yang berorientasi pada kebebasan dan pemupukan modal, sistem ekonomi sosialis yang fokus pada pemerataan dan kesejahteraan bersama, serta sistem ekonomi campuran yang merupakan gabungan dari dua sistem ekonomi yang telah dibahas diatas. Secara normatif landasan idiil sistem ekonomi Indonesia adalah Pancasila dan UUD 1945. Maka sistem ekonomi Indonesia adalah sistem ekonomi yang berorientasi kepada Ketuhanan Yang Maha Esa (berlakunya etik dan moral agama, bukan materialisme); Kemanusiaan yang adil dan beradab (tidak mengenal pemerasan atau eksploitasi); Persatuan Indonesia (berlakunya kebersamaan, asas kekeluargaan, sosio-nasionalisme dan sosio-demokrasi dalam ekonomi); Kerakyatan (mengutamakan kehidupan ekonomi rakyuat dan hajat hidup orang banyak); serta Keadilan Sosial (persamaan/emansipasi, kemakmuran masyarakat yang utama – bukan kemakmuran orang-seorang).
Pasal-pasal ekonomi dalam UUD 1945, ada tiga pasal yang dianggap memberikan fondasi tentang sistem ekonomi pancasila, yaitu pasal 33, pasal 23 dan pasal 34 UUD 1945.

Ciri-ciri sistem ekonomi Pancasila, yang sering disebut pula sebagai demokrasi ekonomi, secara garis besar ada empat sebagai berikut :
1. Peranan negara penting, tetapi tidak dominan. Maksudnya agar dapat dicegah tumbuhnya sistem ekonomi komando. Dalam sistem ekonomi pancasila, usaha negara dan swasta tumbuh berdampingan secara seimbang.
2. Sistem ekonomi tidak didominasi oleh modal dan tidak didominasi buruh. Sistem ekonomi didasarkan atas asas kekeluargaan menurut kekerabatan hubungan antarmanusia.
3. Masyarakat memegang peranan penting. Maksudnya produksi dikerjakan oleh semua, dan di bawah pimpinan atau pengawasan anggota-anggota masyarakat.
4. Negara menguasai bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya.

referensi :
1. http://www.ekonomirakyat.org/edisi_2/artikel_9.htm (20:30)
2. Pratama Rahardja & Mandala manurung. 2002. Pengantar Ilmu Ekonomi (mikroekonomi & makroekonomi). Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
3. Dra. Hj. Sukwiaty, Drs. H. Sudirman & Drs. Slamet S. 2006. Ekonomi 1. Jakarta: Yudhistira.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: