Pengertian dan Konsep pendapatan nasional.

Pendapatan nasional atau national income adalah jumlah pendapatan yang diterima oleh masyarakat atau pemilik faktor produksi suatu negara selama kurun waktu tertentu (biasanya digunakan ukuran waktu 1 tahun).

Konsep pendapatan nasional :

  1. Produk Domestik Bruto (PDB) adalah total nilai barang dan jasa akhir yang dihasilkan oleh suatu perekonomian dalam periode tertentu, yang dihitung berdasarkan nilai pasar
  2. Produk Nasional Bruto (PNB) adalah seluruh barang dan jasa yang dihasilkan masyarakat suatu negara dalam periode tertentu, biasanya satu tahun, termasuk di dalamnya barang dan jasa yang dihasilkan warga negara tersebut yang berada/bekerja di luar negeri. Barang dan jasa yang dihasilkan warga negara asing yang bekerja di dalam negeri, tidak termasuk GNP.
  3. Produk Nasional Netto (PNN) adalah pendapatan yang diperoleh dari PNB dikurangi penyusutan dan barang pengganti modal. PNN = GNP – (Penyusutan + Barang pengganti modal)
  4. Pendapatan Nasional Netto (bersih) adalah nilai dari produk nasional bersih (net national income) dikurangi dengan pajak tidak langsung.
    NNI = NNP – Pajak Tidak Langsung
  5. Pendapatan Perseorangan adalah jumlah seluruh pendapatan yang benar – benar sampai ketangan masyarakat.Tidak semua pendapatan sampai ketangan masyarakat,karena masih dikurangi laba,iuran asuransi,iuran jaminan sosial,pajak perseroan,dan ditambah pembayaran pindahan.

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: